Wednesday, November 18, 2015

Objek Wisata Terbaik di Kendari, Sulawesi Tenggara.



Tempat Wisata Yang Wajib dikunjungi Selama diKendari, Sulawesi Tenggara




Beberapa tempat wisata di Kendari bahkan sudah menyihir banyak wisatawan asing untuk datang menikmati taman bawah lautnya yang luar biasa menakjubkan. Namun, bukan hanya itu saja objek wisata yang terkenal di Kendari ataupun di Sulawesi Tenggara. Ada banyak tempat wisata yang bisa anda kunjungi. Wisata sejarah, wisata budaya dan wisata bawah laut di kota Kendari berikut wajib anda kunjungi ketika anda berlibur ke Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. 




1. Pulau Bokori 


Pulai Bokori terletak di depan kawasan teluk Teluk kendari, tidak jauh dari pesisir pantai kecamatan soropia, Konawe. Pulau Bokori adalah salah satu destinasi andalan provinsi Sulawesi Tenggara yang mudah di jangkau, memakan waktu perjalanan 20 menit dari kota Kendari, Ibu kota Provinsi Sultra. 
Akses ke pulau Bokori tergolong mudah dan murah, anda hanya menghabiskan waktu perjalanan darat selama 20 menit dari kota Kendari menuju desa pesisir di kecamatan Soripia, Konawe dan menggocek kantong sebanyak 25 ribu rupiah/orang membayar jasa antar jemput menggunakan perahu bermesin motor yang disediakan warga pesisir.

Bagi anda yang ingin relaksasi hilangkan kepenatan hiruk pikuk perkotaan, cobalah merasakan semilir hembusan angin merangkai nada harmoni diantara dedaunan pohon Kaju Angin, pohon yang dari dulu menjadi penghuni tetap pulau ini. Anda akan mendapati senandung dari masa kemasa terbukti menenangkan mereka yang pernah tinggal dan berkunjung disini.

2. Air terjun Moramo
Air terjun ini terletak di kawasan hutan Suaka Alam Tanjung Peropa, Konawe Selatan. sekitar 60 km dari pusat Kota Kendari. Untuk menuju tempat ini dibutuhkan angkutan udara ke Tanjung Peropa. Air terjun Moramo sendiri adalah jenis air terjun cascade atau bertingkat. Air jernih dan suasanya yang masih alami membuat tempat ini sangat cocok untuk anda yang mendambakan kesunyian dan ketenangan saat liburan.

Hutan Suaka Tanjung Peropa sendiri terkenal sebagai cadangan baru marmer terbesar di dunia, dan terbesar untuk Indonesia. Anda bisa memanjat ke puncak air terjun tanpa khawatir akan terjatuh karena licin. Kenapa? Karena Air Terjun Moramo mempunyai batuan kapur yang tidak licin jadi anda bisa naik ke puncak tingkat tertinggi.





3. Pantai Nambo 

Salah satu tempat wisata lainnya yang ada di kota kendari adalah Pantai Nambo. Pantai Nambo merupakan tempat wisata pantai yang paling favorit. Banyak sekali wisatawan yang datang disetiap akhir pekan. Pantai Nimbo menyuguhkan keindahan pantai yang menakjubkan. Warna air pantai jernih, terdapat juga gradasi warna yang timbul antara warna putih dari tepi pantai hingga warna hijau muda ke perairan dangkal. Ketika di Kendari Anda tidak boleh melewatkan tempat wisata yang satu ini.


















4. Benteng Istana Buton
Benteng Istana Buton dinobatkan menjadi benteng terluas di dunia oleh Guiness book Of Records tahun 2006. Tidak banyak yang tahu mengenai benteng kesultanan Buton ini. Namun, kemegahan dan kondisinya masih sangat bagus. Masyarakat di sekitarnya lah yang menjaga situs ini.


Benteng Istana Buton berdiri di Kabupaten Bau Bau. Benteng ini melindungi satu kelurahan Melai yang hidup dalam lindungan benteng dari ancaman luar. Menurut masyarakat yang tinggal di sana, mereka sendiri masih keturunan orang istana Buton, karenanya, memelihara dan menjaga Benteng Buton ini wajib hukumnya.
Total ada sekirat 52 meriam yang menjaga 16 pos jaga di benteng Buton ini. Ada sekitar 12 pintu masuk untuk menuju benteng sendiri. Sungguh besar dan megah sekali. Selain itu, masyarakat Melai masih menaati adat istiadat yang dilakukan masyarakat Kesultanan Buton terdahulu. Begitu banyak kebudayaan dan upacara adat yang dijaga dan dilaksanakan dengan teliti di Melai.
Masuk ke Melai seperti masuk ke dunia yang berbeda. Uniknya, semua rumah di Melai harus dibuat panggung dengan pondasi kayu. Bila ada penduduk yang terlanjur membuat pondasi beton atau bata, maka mereka diharuskan untuk merubahnya ke rumah panggung.



5. Pulau Wakatobi 
Taman Nasional Wakatobi merupakan salah satu tempat penyelaman di Indonesia yang indah, Selain Raja Ampat di Papua dan Bunaken di Manado Sulawesi Utara. Keindahan dan kekayaan alam Wakatobi sudah terkenal di dunia setelah Ekspedisi Wallacea dari Inggris pada tahun 1995. Selain menikmati bawah laut anda juga bisa menikmati pantai yang indah.
Wakatobi merupakan sebuah kabupaten yang berada di provinsi
Sulawesi Tenggara dengan ibu kota Wangiwangi. Wakatobi sendiri merupakan singkatan dari empat pulau utama yang ada di Kabupaten Wakatobi yaitu Wangiwangi (Wanci), Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Pariwisata bahari merupakan andalan di kabupaten wakatobi.



Transportasi ke Wakatobi

Untuk perjalanan menuju Wakatobi ada beberapa cara, saat ini sudah tersedia penerbangan ke Bandara Matahora di Wangi-Wangi dari Makassar. Ada juga penerbangan dari Kendari ke Wakatobi, anda bisa mencarinya melalui situs booking penerbangan. Cara lain yaitu menggunakan kapal laut dengan rute Kendari - Bau-Bau - Wanci dan Kendari - Wanci.
Pulau Wangi-Wangi atau yang biasa disebut Wanci merupakan pintu gerbang utama untuk memasuki Taman Nasional Wakatobi, dari Wanci atau Wangi-wangi ini kemudian anda bisa menjelajahi pulau-pulau lain di Wakatobi seperti Pulau Kaledupa, Pulau Tomia, dan Pulau Binongko dengan speed boat atau kapal kayu.

Penginapan di Wakatobi

Bagi anda yang ingin menginap di Wakatobi banyak tersedia penginapan hotel dan resort bahkan rumah penduduk yang bisa anda sewa, umumnya wisatawan menginap di pulau Wangi-wangi, meskipun ada juga penginapan lainnya seperti di Kaledupa atau Tomia. Tarifnya berkisar ratusan ribu, jika anda ingin yang mewah bisa memilih resort dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah per malam.

Objek Wisata di Wakatobi


Salah satu kegiatan yang wajib anda lakukan di Wakatobi adalah menyelam untuk menikmati keindahan bawah lautnya yang merupakan bagian dari segitiga terumbu karang. Selain itu ada juga pantai yang indah, seperti Pantai Molii Sahatu, Pantai Sousu, Pantai Waha, Pantai Hoga, Pantai Sombano, Pantai Peropa, Pantai Huntete, Pantai Soha, Pantai Onemobaa, Pantai Palahidu, serta masih banyak lagi pantai indah lainnya di Wakatobi.


dan berikut daftar objek wisata lainnya yang ada di Sulawesi Tenggara

Kota Kendari :
  1. Amarilis
  2. Kendari Beach
  3. Museum Sulawesi Tenggara
  4. Pantai Toronipa
  5. Permandian nanga-nanga
  6. Taman Walikota

Kabupaten Kolaka :
  1. Sungai Terpendek di Dunia, Sungai Tamborasi
  2. Pantai Pasir Putih Tanjung kayu angin
  3. Makam Bokeo/ Raja Raja Mekongga
  4. Batu Tapak Tulis Waworaha dan Olobu Wiau
  5. Tugu Perjuangan 19 Nopember dan Museum Mekongga
  6. Kompleks Rumah Adat Mekongga
  7. Upacara Adat Mosehe Wonua
  8. Tarian Adat Modinggu, Mondotambe, Lulo
  9. Cagar Budaya Nasional Sangia ni Bandera
  10. http://bappeda.kolakakab.go.id/potensi/pariwisata.html

Kabupaten Konawe : 
  1. Pantai Batu gong
  2. Permandian Air Panas Sonai
  3. Pantai Toronipa
  4. Makam Raja Lakidende dan Permaisuri
  5. Wisata Anawai Sangia
  6. Wisata Air terjun Solomeronda
  7. Wisata Air terjun Meluhu
  8. http://ptsp.konawekab.go.id/main/fullprofile/29



Kabupaten Muna :
  1. Benteng Kota Tiworo
  2. Danau Napabale
  3. Mesjid tua kota Muna
  4. Pantai lagili
  5. Pantai Meleura
  6. Pantai walengkabola
  7. Permandian Katilombu
  8. Permandian Matakidi
  9. Permandian Wakante
  10. Permandian Wakumoro
  11. Pulau Indo
  12. Sentra Sarung Muna
  13. Situs Peninggalan Purbakala Liang Kobori

Kabupaten Wakatobi :
  1. Taman Nasional Wakatobi
  2. Tenun Ikat 
  3. Upacara Adat karia
  4. Upacara Adat kabuenga

Kabupaten Konawe Selatan : 
  1. Air Terjun Moramo
  2. Pulau Hari
  3. Sumber Air Panas Kaeendi
  4. Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai

Kabupaten Konawe Utara : 
  1. Pantai Tanjung Taipa
  2. Sumber Air panas Wolesea
  3. Telaga Tiga Warna 

Kota Buton :
  1. Benteng keraton Buton
  2. Benteng Keraton Istana Malige
  3. Pantai Kamali 
  4. Pantai Nirwana
  5. Pulau Liwutongkidi


Mungkin cuma itu yang bisa diberikan pada kesempatan kali ini tentang Tempat Wisata-Wisata Kendari Sulawesi Tenggara. Semoga Anda yang sedang kebingungan mencari tahu tempat wisata menarik yang ada di Kendari bisa terbantu setelah membaca artikel yang sudah diberikan diatas. Jangan lupa untuk terus melihat berbagai informasi tempat wisata lainnya yang ada di Indonesia. 


             http://www.tempatwisataid.com/




Tags

0 comments:

Powered by Blogger.